Minggu, 09 April 2017

misteri kerajaan palembang: siapa sih sebenarnya raja raja di kerajaan palembang darussalam


mendengar kata kerajaan palembang darussalam saja sudah membuat hati kita bergetar semangat memuncah dan hati menjadi tenang namun pernah gak sih terlintas di kepala kita sebenarnya siapa sih raja raja di kerajaan palembang darussalam {kok baru sekarang ya terlintasnya di kepala anda} ya di kepala anda baru terlintas pikiran ini fanatisme yang tersembunyi di balik diri anda baru mulai bangkit fanatisme yang selama ini dipenuhi oleh dongeng legenda dan gosip dak jelas sekarang kita akan membedah misteri kerajaan palembang hehehe tentang siapa sebenarnya raja raja palembang darussalam berasal

kerajaan palembang darussalam 
Kesultanan Palembang Darussalam adalah suatu kerajaan Islam di Indonesia yang berlokasi di sekitar kota Palembang, Sumatera Selatan sekarang. Kesultanan ini diproklamirkan oleh Sri Susuhunan Abdurrahman, seorang bangsawan Palembang keturunan Jawa pada tahun 1659, dan dihapuskan keberadaannya oleh pemerintah kolonial Belanda pada 7 Oktober 1823. {hapus aja gak papa saya ikhlas malu maluin juga}
Malthe Conrad Bruun (1755-1826) seorang petualang dan ahli geografi dari Perancis mendeskripsikan keadaan masyarakat dan kota kerajaan waktu itu, yang telah dihuni oleh masyarakat yang heterogen terdiri dari Cina, Siam, Melayu dan Jawa serta juga disebutkan bangunan yang telah dibuat dengan batu bata hanya sebuah vihara dan istana kerajaan.
dari kutipan yang saya copy paste dari wikipedia sudah jelas bahwa orang orang juga tahu bahwa kerajaan palembang darussalam ini yang punya bukan orang palembang bukan yang punya orang jawa {hih seram}

asal mula berdirinya kerajaan palembang darussalam 
Sejarah mengenai Kesultanan Palembang dapat dimulai pada pertengahan abad ke-15 pada masa hidupnya seorang tokoh bernama Ario Dillah atau Ario Damar. Beliau adalah seorang putera dari raja Majapahit yang terakhir, yang mewakili kerajaan Majapahit bergelar Adipati Ario Damar yang berkuasa antara tahun 1455-1486 di Palembang Lamo, yang sekarang ini letaknya di kawasan 1 ilir. Pada saat kedatangan Ario Damar ke Palembang, penduduk dan rakyat Palembang sudah banyak yang memeluk agama Islam dan Adipati Ario Damar pun mungkin kemudian memeluk agama Islam, konon namanya berubah menjadi Ario Abdillah atau Ario Dillah (Dalam bahasa Jawa damar = dillah = lampu).
Ario Dillah mendapat hadiah dari Raja Majapahit terakhir Prabu Kertabumi Brawijaya V salah seorang isterinya keturunan Cina (kadang-kadang disebut juga Puteri Champa) yang telah memeluk Islam dan dibuatkan istana untuk Puteri. Pada saat putri ini diboyong ke Palembang ia sedang mengandung, kemudian lahir anaknya yang bernama Raden Fatah. Menurut cerita tutur yang ada di Palembang, Raden Fatah ini lahir di istana Ario Dillah di kawasan Palembang lama (1 ilir), tempat itu dahulu dinamakan Candi ing Laras, yaitu sekarang terletak di antara PUSRI I dan PUSRI II. Raden Fatah dipelihara dan dididik oleh Ario Dillah menurut agama Islam dan menjadi seorang ulama Islam. Sementara itu hasil perkawinan Ario Dillah dengan putri Cina tersebut, lahir Raden Kusen yaitu adik Raden Fatah lain bapak.
Setelah kerajaan Majapahit bubar karena desakan kerajaan-kerajaan Islam, Sunan Ngampel, sebagai wakil Walisongo, mengangkat Raden Fatah menjadi penguasa seluruh Jawa, menggantikan ayahnya. Pusat kerajaan Jawa dipindahkan ke Demak. Atas bantuan dari daerah-daerah lainnya yang sudah lepas dari Majapahit seperti Jepara, Tuban, Gresik, Raden Fatah mendirikan Kerajaan Islam dengan Demak sebagai pusatnya (kira-kira tahun 1481). Raden Fatah memperoleh gelar Senapati Jimbun Ngabdu’r-Rahman Panembahan Palembang Sayidin Panata’Gama.

Kuto Gawang Pada awal abad ke-17, Palembang menjadi pusat pemerintahan kerajaan yang bernuansa Islam dengan pendirinya Ki Gede ing Suro, bangsawan pelarian dari Kesultanan Demak akibat kemelut politik setelah mangkatnya Sultan Trenggana. Pada masa ini pusat pemerintahan di daerah sekitar Kelurahan 2-Ilir, di tempat yang sekarang merupakan kompleks PT Pupuk Sriwijaya. Secara alamiah lokasi keraton cukup strategis, dan secara teknis diperkuat oleh dinding tebal dari kayu unglen dan cerucup yang membentang antara Plaju dengan Pulau Kembaro, sebuah pulau kecil yang letaknya di tengah Sungai Musi. Keraton Palembang yang dibangunnya itu disebut Keraton Kuto Gawang yang bentuknya empat persegi panjang dibentengi dengan kayu besi dan kayu unglen yang tebalnya 30 x 30 cm/batangnya. Kota berbenteng yang di kemudian hari dikenal dengan nama Kuto Gawang ini mempunyai ukuran 290 Rijnlandsche roede (1093 meter) baik panjang maupun lebarnya. Tinggi dinding yang mengitarinya 24 kaki (7,25 meter). Orang-orang Tionghoa dan Portugis berdiam berseberangan yang terletak di tepi sungai Musi. Kota berbenteng ini sebagaimana dilukiskan pada tahun 1659 (Sketsa Joan van der Laen), menghadap ke arah Sungai Musi (ke selatan) dengan pintu masuknya melalui Sungai Rengas. Di sebelah timurnya berbatasan dengan Sungai Taligawe, dan di sebelah baratnya ber¬batasan dengan Sungai Buah. Dalam gambar sketsa tahun 1659 tampak Sungai Taligawe, Sungai Rengas, dan Sungai Buah tampak terus ke arah utara dan satu sama lain tidak bersambung. Sebagai batas kota sisi utara adalah pagar dari kayu besi dan kayu unglen. Di tengah benteng keraton tampak berdiri megah bangunan keraton yang letaknya di sebelah barat Sungai Rengas. Benteng keraton mempunyai tiga buah baluarti (bastion) yang dibuat dari konstruksi batu. Orang-orang asing ditempatkan/ber¬mukim di sebe¬rang sungai sisi selatan Musi, di sebelah barat muara sungai Komering (sekarang daerah Seberang Ulu, Plaju).

Beringin Janggut Setelah Keraton Kuto Gawang dihancurkan VOC tahun 1659, oleh Susuhunan Abdurrahman pusat pemerintahan dipindahkan ke Beringin Janggut yang letaknya di sekitar kawasan Mesjid Lama (Jl. Segaran). Sayang data tertulis maupun gambar sketsa mengenai keberadaan, bentuk, dan ukuran keraton ini hingga saat ini tidak ada. Daerah sekitar Keraton Beringin Janggut diba¬tasi oleh sungai-sungai yang saling berhubungan. Kawasan keraton di¬batasi oleh Sungai Musi di selatan, Sungai Tengkuruk di sebelah barat, Sungai Penedan di sebelah utara, dan Sungai Rendang/Sungai Karang Waru di sebelah timur. Sungai Penedan merupakan sebuah kanal yang menghubungkan Sungai Kemenduran, Sungai Kapuran, dan Sungai Kebon Duku. Karena sungai-sungai ini saling berhubungan, penduduk yang mengadakan perjalanan dari Sungai Rendang ke Sungai Tengkuruk, tidak lagi harus keluar melalui Sungai Musi. Dari petunjuk ini dapat diperoleh gambaran bahwa aktivitas sehari-hari pada masa itu telah berlang¬sung di darat agak jauh dari Sungai Musi.

Kuto Tengkuruk Kawasan inti Keraton Kesultanan Palembang-Darussalam pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin I luasnya sekitar 50 hektar dengan batas-batas di sebelah utara Sungai Kapuran, di sebelah timur berbatasan dengan Sungai Tengkuruk (sekarang menjadi Jl. Jenderal Soedirman), di sebelah selatan berbatasan dengan Sungai Musi, dan di sebelah barat berbatasan dengan Sungai Sekanak. Pada awalnya di areal tanah yang luasnya sekitar 50 hektar ini hanya terdapat bangunan Kuto Batu atau Kuto Tengkuruk dan Masjid Agung dengan sebuah menara yang atapnya berbentuk kubah. Pada saat ini batas kota Palembang kira-kira di sebelah timur berbatasan dengan Kompleks PT. Pusri, di sebelah selatan berbatasan dengan Sungai Musi, di sebelah barat berbatasan dengan Sungai Lambidaro (36 Ilir), dan di sebelah utara hingga sekitar Pasar Cinde.

Kuto Besak Pada masa pemerintahan Sultan Muhamad Bahaudin (1776-1803), dibangun Keraton Kuto Besak. Letaknya di sebelah barat Keraton Kuto Tengkuruk. Kuto ini mempunyai ukuran panjang 288,75 meter, lebar 183,75 meter, tinggi 9,99 meter, dan tebal dinding 1,99 meter membujur arah barat-timur (hulu-hilir Musi). Di setiap sudutnya terdapat bastion. Bastion yang terletak di sudut baratlaut bentuknya berbeda dengan tiga bastion lain, sama seperti pada bastion yang sering ditemukan pada benteng-benteng lain di Indonesia. Justru ketiga bastion yang sama itu merupakan ciri khas bastion Benteng Kuto Besak. Di sisi timur, selatan, dan barat terdapat pintu masuk benteng. Pintu gerbang utama yang disebut lawang kuto terletak di sisi sebelah selatan menghadap ke Sungai Musi. Pintu masuk lainnya yang disebut lawang buratan jumlahnya ada dua, tetapi yang masih tersisa hanya sebuah di sisi barat. Perang Palembang 1821 dan dibubarkannya institusi Kesultanan pada 7 Oktober 1823, bangunan Kuto Tengkuruk diratakan dengan tanah. Di atas runtuhan Kuto Tengkuruk, atas perintah van Sevenhoven kemudian dibangun rumah Regeering Commissaris yang sekarang menjadi Museum Sultan Mahmud Badaruddin II (Bambang Budi Utomo)

Silsilah Kesultanan Palembang Darusalam
1. Sultan Ratu Abdurrahman Khalifatul Mukminin Sayidul Imam (1659-1706)
2. Sultan Muhammad Mansyur Jayo Ing Lago (1706-1714)
3. Sultan Agung Komarudin Sri Teruno (1714-1724)
4. Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo (1724-1758)
5. Sultan Susuhunan Ahmad Najamuddin Adi Kesumo (1758-1776)
6. Sultan Muhammad Bahauddin (1776-1803)
7. Sultan Susuhunan Muhammad Badaruddin II (1803-1821)
8. Sultan Ahmad Najamuddin II / Susuhunan Husin Dhiauddin (1813-1817)
9. Sultan Ahmad Najamuddin III / Pangeran Ratu (1819-1821)
10. Sulatn Ahmad Najamuddin IV / Prabu Anom (1821-1823)
11. Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin (2006-.....){heleh jawa aja}

cerita+ 
Asal Usul dari keturunan Raja-Raja dan Sultan-Sultan Pelembang itu ada 3 (tiga) Jalur, yaitu sebegai berikut ini :
6.1. JALUR RADEN FATTAH (SULTAN DEMAK)
Raja pelembang baru yang pertama adalah Ki Hang Suro Tuo Sangaji Lor yang memerintah dari tahun 1550 s/d 1555 masehi. Beliau adalah cucu dari Raden Fattah Sultan Demak atau anak dari Raden sedakali Pangeran Seberang Lor seda Ing Lautan Pati Unus sultan Demak II.
Jika pada masa pemerintahan Prabu Ariodillah (Ariodamar) Kerajaan Pelembang dinamakannya PELIMBANGAN yang lokasinya adalah kampung tatang 36 ilir Pelembang sekarang ini. Maka pada masa Ki Hang Suro Tuo, nama PELIMBANGAN digantinya menjadi PELIMBANG BARU Yang berlokasi di batu Hampar seberang ilir pelembang lama sekarang ini.
Ki Hang Suro Tuo Sangaji Lor wafat pada tahun 1555 masehi,
6.2. JALUR KETURUNAN SUNAN AMPELDENTA
Raja Pelimbanga ke II
KI GEDE ING SURO MUDO SANGAJI WETAN
Disebabkan KI HANG SURO TUO (atau KI GEDE ING SURO TUO) tidak mempunyai anak, maka Raja Pelimbang ke II ialah kemenakannya sendiri yang bernama Ki Gede ing Suro Mudo anak dari Sunan Ampel Denta Surabaya dan ibunya Nyai Gede ing ilir adik dari Ki Gede Ing suro Tuo. Ki Gede Ing Suro Mudo meninggal dunia pada tahun 1589 setelah memerintah selama 34 tahun (1555 – 1589) dan dimakamkan dipemakaman Batu Hampar dekat makam Ki Gede ing Suro Tuo.
Raja Pelimbang ke III
KI MAS ADIPATI ANGSOKO
Bin KI GEDE ING SURO MUDO
Raja Pelimbang Baru berikutnya yang ke III adalah anak Ki Gede ing Suro Mudo, yaitu Ki Mas Adipati Angsoko bin Ki Gede ing Suro Mudo yang memerintah selama 5 tahun saja (1589-1594) Lokasi Istana kerajaannya tidak lagi di Batu Hampar tetapi dipindahkan ke TALANG JAWA LAMA.
(Raja Pelimbang ke IV)
PANGERAN MADI ANGSOKO
Bin KI GEDE ING SURO MUDO
Oleh karena ketika Ki Mas Adipati Angsoko meninggal dunia, anaknya yang bernama Pangeran Seda ing Kenayan masih kecil, maka Tahta Raja Pelimbang ke IV jatuh kepada saudaranya sendiri bernama PANGERAN MADI ANGSOKO yang memerintah selama 30 tahun (1594 – 1624) dan ketika meninggal tidak meninggalkan anak, maka tahta diserahkan kepada adiknya bernama PANGERAN MEDI ALIT ANGSOKO.
Raja Pelimbang ke V
PANGERAN MEDI ALIT ANGSOKO
Bin KI GEDE ING SURO MUDO
Raja Pelimbang baru yang ke V ini hanya memerintah selama satu tahun saja (1624-1625) dan tidak juga mempunyai anak, dan Beliau digantikan oleh adiknya yang.bernama PANGERAN SEDA ING PURO ANGSOKO
Raja Pelimbang ke VI
PANGERAN SEDA ING PURO ANGSOKO
Bin KI GEDE ING SURO MUDO
Pengeran Seda Ing Puro Angsoko memerintah selaku Raja Pelimbang selama 7 tahun (1625 – 1632) dan Beliaupun tidak ada meninggalkan anak, Kedudukannya digantikan oleh anak Kakaknya (KI MAS ADIPATI ANGSOKO) yang bernama PANGERAN SEDA ING KENAYAN.
Raja Pelimbang ke VII
PANGERAN SEDA ING KENAYAN SABO ING KINGKING
Bin KI MAS ADIPATI ANGSOKO
Pangeran seda Ing Kenayan adalah Anak Ki Mas Adipati Angsoko (Raja ke III) Pangeran Seda Ing Kenayan tidak lagi meneruskan dinasti Angsoko tetapi telah membuat dinasti baru yaitu dinasti Sabo Ing King King, Beliau memerintah selama 12 tahun (1632 – 1644) lokasi istananya dipindah pula ke daerah Sabo KingKing Kelurahn 1 ilir Palembang lama sekarang Pangeran Seda ing Kenayan Sabo ing KingKing beristrikan saudara misan / sepupuhnya sendiri yaitu Ratu Sinuhun Simbur Cahaya, Merekapun tidak memiliki anak. Dengan demikian habislah Keturunan ki Gede ing Suro Mudo atau keturunan Sunan Ampel Denta Surabaya
6.3. JALUR KETURUNAN SUNAN GIRI GERSIK
Raja Pelimbang ke VIII
PANGERAN MOH ALI SEDA ING PASAREAN SABO ING KINGKING
Oleh karena Suami Istri Pangeran Seda Ing Kenayan dan ratu sinuhun simburcahaya tidak menurunkan anak maka Tahta kerajaan dilimpahkan kepada saudara tua (kakak) Ratu Sinuhun bernama Pangeran Moh.Ali Seda ing Pasarean gelar Sultan Jamaluddin Mangkurat V turunan ke 4 dari Raden Paku Moh.Ainulyakin Prabusatmoto joko samudro Sunan Giri gresik Wali songo bin Maulana Ishak Mahdum Syech Awalul Islam Samudra Pasai Aceh.
Pangeran Moh.Ali Seda Ing Pasarean atau Sultan Jamaluddin Mangkurat V ini hanya memerintah selama satu tahun (1644-1645) karena mati terbunuh (diracun) oleh pegawai Keraton Sabo kingking sendiri.
Raja Pelimbang ke IX
PANGERAN SEDA ING RAZAK (SULTAN ABDURROHIM JAMALUDDIN MANGKURAT VI)
Bin Mohammad ali Seda Ing Pasarean
Turunan ke – 5 dari Sunan Giri Gresik walisongo, Pangeran Seda ing Razak ini adalah Dinasti Sabo KingKing terakhir, Istana Sabo KingKing dibumi hangus oleh Angkatan Laut Belanda, maka Sultan Abdurrohim Jamaluddin Mangkurat VI ini beserta keluarganya berhijrah ke Indralaya OKI. Dan Beliau menjadi Sultan di Indralaya. Adapun sebab perang dengan Belanda karena Seda ing Razak tidak mau mengakui VOC dan tidak mau menandatangani kontrak, akhirnya Loji VOC di batu hamper dibakar oleh rakyat atas perintah Sultan. Beliau dimakamkan di desa SAKA TIGA Beliau memerintah selaku Raja Pelimbang ke IX selama 14 tahun (1645-1659) dan memerintah selaku Sultan di Indralaya selama 32 tahun (1659 – 1691).
Raja Pelimbang ke X
KI MAS HINDI (SULTAN ABDURRAHMAN JAMALUDDIN MANGKURAT VII)
Bin Mohammad Ali Seda Ing Pasarean
( Sultan Pelimbang Darussalam ke I )
Beliau adalah adik dari Seda ing Razak atau Sultan Abdurrohim yang hijrah ke Indralaya, Beliau dinobatkan menjadi Raja Pelimbang menggantikan kakaknya dimasa Gubernur Jendral Mr.Johan maaetsuiycker pada bulan juli 1659. Pada tahun 1675 Beliau mendirikan KeSultanan Pelimbang Darussalam, dan oleh karena kakaknya selaku Sultan di indralaya maka beliau memproklamirkan dirinya selaku SUSUHUNAN Pelimbang Darussalam. Lokasi istananya adalah pada lokasi sekolah HIS Kebon Duku 24 ilir Palembang di zaman Hindia Belanda. Atau lokasi SMP Negeri Kobon Duku Palembang. Beliau dimakamkan di pemakaman Cinde Walang di belakang pasar Cinde. Sultan Abdurrahman memerintah selaku Raja Pelimbang ke X selama 16 tahun, (1659 – 1675) dan memerintah Selaku Sultan Pelimbang Darussalam selama 23 tahun (1675 – 1698)
Sultan Pelimbang Darussalam ke II
SULTAN MOHAMMAD MANSYUR
Bin Sultan Abdurrahman Cinde Walang
Sultan Mohammad masyur atau Raden Ario ini adalah anak kedua dari susuhunan Abdurrahman Cinde walang, beliau memerintah selaku Sultan selama 12 Tahun (1698 – 1710) Lokasi istananya dikelurahan KEBON GEDE 32 ilir Palembang dan dimakamkan dilokasi ini juga. Beliau memerintah di Zaman Gubernur Jenderal Hindia Belanda Willem Van Outhoorn, Johan van Hoorn, dan mininggal dunia di masa Abraham van Riebeek, Sultan Muhammad Mansyur ini selanjutnya digantikan oleh anaknya yang
bernama Ratu Purboyo, tetapi yang hanya satu hari menjadi Sultan karena wafat diracun.
Sultan Pelimbang Darussalam ke III
SULTAN AGUNG KOMARUDDIN SRI TERUNO
Bin Sultan Abdurrahman Cinde Walang
Raden Uju adalah adik kandung dari Sultan Mohammad Mansur, memerintah selaku Sultan Pelembang Darussalam selama 12 Tahun (1710 – 1722) dengan Gelarnya SULTAN AGUNG KOMARUDDIN SRI TERUNO, Lokasi Istananya di kelurahan 1 ilir Palembang dan bermakam ditempat ini juga. Beliau memerintah pada zaman Gubernur Jenderal Abraham van Riebeek, Christoffel van swoll dan hendrik van zwaardekroon.
SULTAN DEPATI ANOM
Bin Sultan Mohammad Masyor
Sultan Depati Anom adalah Kemenakan dari Sultan Agung Komaruddin, atau anak dari Sultan Mohammad Mansyur Kebon Gede. Sultan Depati Anom ini adalah “Sultan intermezzo” karena memaksakan diri menjadi Sultan. Sehingga Sultan Agung Komaaruddin terpaksa mengangkatnya menjadi Sultan, dan Sultan Agung Komaruddin menjadi Sultan AGUNG.
Sultan Depati Anom pada mulanya telah meracuni kakaknya sendiri yaitu Pangeran Purbaya karena ingin menjadi Putra Mahkota, sedangkan adiknya sendiri Pangeran Jaya warakrama (Kemudian hari menjadai Sultan Mahmud Badaruddi I) dimusuhinya pula, hingga Pangeran Jaya Wirakrama hijrah ke Johor Malaya. Sultan Depati Anom bermakam di desa belida kecamatan Gelumbang, ia sempat menjadai Sultan selam 9 tahun (1713 – 1722).
Sultan Pelimbang Darussalam ke IV
SULTAN MAHMUD BADARUDDIN LEMABANG
Sultan Mahmud Badaruddin I adalah Pangeran Ratu Jaya Wikrama, anak ke 3 dari Sultan Mohammad Mansyur. Beliau memindahkan lokasi Istananya ke 3 ilir Palembang, dan bermakam di lokasi ini pula, Makamnya disebut Masyarakat sebagai Makam KAWAH TEKUREP.
Beliau membangun Pasar koto 10 ilir, Membangun masjid Agung, membangun kraton kuto Lamo, dan membangun kraton Koto Besak, yang ketika hayatnya baru mencapai 60%.Sultan Mahmud Badaruddin I memerintah selama 34 tahun (1722 – 1756). Dimasa gubernur jenderal Hendrik Van Zwaardek roon, Mettheus de haan, Diederik Van Durven, van Cloon, Abraham Patras, Adriaan P. De Valckenier, Johannes Theedens, Gustaaf willem Baron Van Imhoff dan Jacob Moseel
Sultan Pelimbang Darussalam ke V
SULTAN AHMAD NAJAMUDDIN LEMABANG
Bin Sultan Mahmud Badaruddin
Dizaman Sultan Ahmad Najamuddin ini tidak banyak perubahan kecuali merehabilitir masjid Agung, Beliau memerintah selaku Sultan Pelembang Darussalam selama 24 tahun (1756 – 1780) dimasa Gubernur jenderal Jacob mossel, Petrus Albertus Van der Parra, jeremias Van Riemsdijk dan Reinier de Klerk, Sultan Ahmad Najamuddin dimakamkan dikomplek pemakaman Lemabang.
Sultan Pelimbang Darussalam ke VI
SULTAN MUHAMMAD BAHAUDDIN LEMABANG
Bin Sultan Ahmad Najamuddin
Memerintah selaku Sultan selama 27 tahun (1780 – 1807) dimasa gubernur jenderal rainier de klerk, mr.Willem Arnold alting, mr.Peter Gerardus van Overstraten, Johannes Sieberg,dan Albertus henricus wise. Beliau bermakam di Lemabang.
Sultan Pelimbang Darussalam ke VII
SULTAN MAHMUD BADARAUDDIN (II) LEMABANG
Bin Sultan Muhammad Bahauddin
Sultan Mahmud Badaruddin II atau RADEN HASAN memerintah selama 14 tahun (1807 – 1821) Semasa Gubernur Jenderal Albertus HW, Herman Willem Daendels, Jan Willem Jansens, Lord E.O, Sir Thomas Stamford Raffles, John fendall dan Mr. G.A.G Ph Van der Capellen. Beliau amat anti kepada Inggris dan Belanda, hingga beberapa tahun berperang barulah beliau dapat ditangkap dan ditawan oleh Belanda hingga diasingkan ke Ternate dan wafat disana. Beliaulah Sultan Palembang Darussalam yang sudah diakui sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional dengan SK Presiden RI No.063/TK/tahun 1984 tertanggal 29 oktober 1984.
L Sultan Pelimbang Darussalam ke VIII ukisan
SULTAN HUSIN DIA’UDDIN SOAKBATO
(Sultan Ahmad Najamuddin II)
Sultan Husin dia’uddin adalah Pangeran Dipati atau adik kandung dari Sultan Mahmud Badarauddin II, Dengan diasingkannya Sultan Mahmud Badaruddin II ke ternate maka habislah dinasti Lemabang. dan berdirilah Dinasti baru yaitu DINASTI SOAK BATO. Sultan Husin Dia’uddin adalah Sultan yang diangkat oleh Pemerintahan Inggris, berhubung KRATON KUTO BESAK dikuasai Inggris maka Sultan Husin Dia’uddin membangun Kraton di Soakbato sekarang masuk kampong 26 ilir Palembang, Sementara itu Kraton Kadipaten masih tetap berdiri di Kadipatenan yang lokasinya ditempati oleh rumah Ong Boen Tjit di SEKANAK / SUNGI TAWAR. Setelah Belanda berkuasa kembali di Pelembang, Belanda menurunkan Sultan Husin Diauddin dan menobatkan kembali Sultan Mahmud Badaruddin II. Sultan Husin Diauddin Wafat di kampong KRUKUT Jakarta setelah sebelumnya ditawan dan diasingkan oleh Belanda ke Cianjur dan dibawa kembali kebatavia. Beliau memerintah selam 9 tahun (1812 – 1821).
SULTAN AHMAD NAJAMUDDIN (II) PANGERAN RATU
Bin Sultan Mahmud Badaruddin II
Beliau adalah anak Sultan Mahmud Badaruddin II, Beliau memangku jabatan selaku Sultan “Intermezo” selama 5 tahun (1816 – 1821) Beliau adalah Panglima Perang saat bersama ayahnya melawan Belanda, Tapi akhirnya Pangeran Ratu ditanggap dan dibuang ke Cianjur, lalu dibuang ke pulau Banda hingga akhir hayatnya dan bermakam disana
SULTAN AHMAD NAJAMUDDIN (III) PRABU ANOM
( Sultan ke Pelimbang Darussalam ke IX )
Raden Ahmad adalah anak Sultan Husin Dia’uddin, memerintah selaku Sultan Palembang Darussalam yang ke IX atau yang terakhir. (1821 – 1825). Dengan gelarnya SULTAN AHMAD NAJAMUDDIN (III) PRABU ANOM. Pada tahun 1823 Sultan beserta rakyatnya melakukan pemberontakan terhadap Belanda, tetapi akhirnya dapat dihancurkan oleh Belanda dengan bantuan “Penghianat-Penghianat” hingga Sultan terpaksa Hijrah ke Muara Enim, tetapi akhirnya setelah dibujuk dan dilakukan penipuan-penipuan dengan perantaraan para penghianat, dapatlah ditawan dan diasingkan ke kampung Krukut Jakarta menyusul Sultan Tua yang sudah lebih dahulu ditawan disana hingga wafatnya.Dengan itu semua, maka berakhirlah riwayat KESULTANAN PALEMBANG DARUSSALAM karena sejak itu BELANDA telah memerintah penuh : selaku penjajah ! Dan banyak Sultan-Sultan Palembang Darussalam yang ditawan dan dibuang dari Palembang oleh belanda

kesimpulan 
sudah jelas ini orang jawa semua ngapa namanya kerajaan palembang kan oon yang namain

6 komentar:

  1. Kamu anak kencur mau ngomong orang lain lolo. Berapa nomor hp kamu atau dimana alamat kamu biar saya datangi kita debat sampai tuntas. Ini tanah melayu yang dipinjamkan sementara ke orang jawa.

    BalasHapus
  2. Sebelum mereka bermigrasi ketanah palembang daerah ini sudah bernama perlembang yang artinya daerah rawa-rawa atau tanah berair dan mereka datang ke tanah palembang dgn tujuan mencari perlindungan. Nasib baik berpihak pada mereka karena penguasa palembang keturunan demang lebar daun pada waktu itu meminta mereka untuk menjadi pemimpin di wilayah ini(palembang). Bukan karena menaklukan palembang itu semata-mata karena kebaikan leluhurnya dahulu. Maka diserahkannya kekuasaan kepada pelarian jawa ini dengan dukungan dari penguasa sebelumnya dan dari gabungan kelompok,-kelompok adat yang ada dipalembang pada waktu itu. Masih banyak penyimpangan sejarah yang diputer balikan alias bohong penulisan. Contoh ketika palembang ditinggali atau banyak dihuni pelarian dari china atau bekas bajak laut china penguasa palembang tidak mampu menghadapinya maka mereka meminta bantuan kepada majapahit yang pada waktu itu sering pergi menuju jambi.

    BalasHapus
  3. Contoh lain pengaburan sejarah adalah kedatangan pasukan mongolia di tanah jawa yang singkat cerita mereka berhasil mengusirnya dari pulau jawa berkat kecerdikan raden wijaya. Ini perlu dikaji ulang dan ditelusuri sumbernya sebab versi mongolia mereka berhasil menguasai majapahit (jawa).ini tidak salah juga karena tidak ada bukti bahwa jawa berhasil mengusir mongolia dari jawa kalaupun ada itu hanya cerita yang belum tahu sumber faktanya. Bisa saja kerajaan majapahit itu dalam kendali mongolia china. Faktanya, gajahmada pernah diasuh oleh orang mongolia sehingga ia mampu membuat senjata bedil(meriam) pada waktu itu orang mongolia sudah bisa membuat senjata meriam yang diperoleh dari kerajaan china taklukan mereka. Fakta kedua tentara mongolia yang dikirim ke jawa adalah pasukan china yang berada dibawah kendali orang mongolia.fakta selanjutnya adalah pernah terjadi penyerang terhadap 500 orang tentara ming di ibu kota majapahit oleh karena itu kaisar ming(meminta denda senilai 20000 tahil emas faktanya raja majapahit hanya mampu membayar 10000 tahil emas oleh karena kasian maka denda dihentikan sehingga raja majapahit hanya membayar 10000 tahil emas.dan peristiwa ini tercatat dalam catatan buku sejarah dinasti ming. Kata nya kerajaan kuat kenapa bayar denda. Intinya banyak pelajaran sejarah yang digunakan hanya untuk kepentingan satu golongan suku saja. Dan ini tugas kita semua elemen bangsa indonesia untuk meluruskan
    sejarah. Indonesia negara kesatuan yang terbentuk dari rasa senasib sepenanggungan akibat kolonial belanda dan mayoritas islam lah yang menyatuhkan bukan dari warisan kerajaan tertentu. Saya tak menampik adanya pengaruh kerajaan sriwijaya dan majapahit. Penyatuan bangsa indonesia dalam NKRI yang sebenarnya adalah mayoritas islam lah disamping rasa senasib akibat penjajahan. Terima kasih

    BalasHapus
  4. Contoh lain pengaburan sejarah adalah kedatangan pasukan mongolia di tanah jawa yang singkat cerita mereka berhasil mengusirnya dari pulau jawa berkat kecerdikan raden wijaya. Ini perlu dikaji ulang dan ditelusuri sumbernya sebab versi mongolia mereka berhasil menguasai majapahit (jawa).ini tidak salah juga karena tidak ada bukti bahwa jawa berhasil mengusir mongolia dari jawa kalaupun ada itu hanya cerita yang belum tahu sumber faktanya. Bisa saja kerajaan majapahit itu dalam kendali mongolia china. Faktanya, gajahmada pernah diasuh oleh orang mongolia sehingga ia mampu membuat senjata bedil(meriam) pada waktu itu orang mongolia sudah bisa membuat senjata meriam yang diperoleh dari kerajaan china taklukan mereka. Fakta kedua tentara mongolia yang dikirim ke jawa adalah pasukan china yang berada dibawah kendali orang mongolia.fakta selanjutnya adalah pernah terjadi penyerang terhadap 500 orang tentara ming di ibu kota majapahit oleh karena itu kaisar ming(meminta denda senilai 20000 tahil emas faktanya raja majapahit hanya mampu membayar 10000 tahil emas oleh karena kasian maka denda dihentikan sehingga raja majapahit hanya membayar 10000 tahil emas.dan peristiwa ini tercatat dalam catatan buku sejarah dinasti ming. Kata nya kerajaan kuat kenapa bayar denda. Intinya banyak pelajaran sejarah yang digunakan hanya untuk kepentingan satu golongan suku saja. Dan ini tugas kita semua elemen bangsa indonesia untuk meluruskan
    sejarah. Indonesia negara kesatuan yang terbentuk dari rasa senasib sepenanggungan akibat kolonial belanda dan mayoritas islam lah yang menyatuhkan bukan dari warisan kerajaan tertentu. Saya tak menampik adanya pengaruh kerajaan sriwijaya dan majapahit. Penyatuan bangsa indonesia dalam NKRI yang sebenarnya adalah mayoritas islam lah disamping rasa senasib akibat penjajahan. Terima kasih

    BalasHapus
  5. Contoh lain pengaburan sejarah adalah kedatangan pasukan mongolia di tanah jawa yang singkat cerita mereka berhasil mengusirnya dari pulau jawa berkat kecerdikan raden wijaya. Ini perlu dikaji ulang dan ditelusuri sumbernya sebab versi mongolia mereka berhasil menguasai majapahit (jawa).ini tidak salah juga karena tidak ada bukti bahwa jawa berhasil mengusir mongolia dari jawa kalaupun ada itu hanya cerita yang belum tahu sumber faktanya. Bisa saja kerajaan majapahit itu dalam kendali mongolia china. Faktanya, gajahmada pernah diasuh oleh orang mongolia sehingga ia mampu membuat senjata bedil(meriam) pada waktu itu orang mongolia sudah bisa membuat senjata meriam yang diperoleh dari kerajaan china taklukan mereka. Fakta kedua tentara mongolia yang dikirim ke jawa adalah pasukan china yang berada dibawah kendali orang mongolia.fakta selanjutnya adalah pernah terjadi penyerang terhadap 500 orang tentara ming di ibu kota majapahit oleh karena itu kaisar ming(meminta denda senilai 20000 tahil emas faktanya raja majapahit hanya mampu membayar 10000 tahil emas oleh karena kasian maka denda dihentikan sehingga raja majapahit hanya membayar 10000 tahil emas.dan peristiwa ini tercatat dalam catatan buku sejarah dinasti ming. Kata nya kerajaan kuat kenapa bayar denda. Intinya banyak pelajaran sejarah yang digunakan hanya untuk kepentingan satu golongan suku saja. Dan ini tugas kita semua elemen bangsa indonesia untuk meluruskan
    sejarah. Indonesia negara kesatuan yang terbentuk dari rasa senasib sepenanggungan akibat kolonial belanda dan mayoritas islam lah yang menyatuhkan bukan dari warisan kerajaan tertentu. Saya tak menampik adanya pengaruh kerajaan sriwijaya dan majapahit. Penyatuan bangsa indonesia dalam NKRI yang sebenarnya adalah mayoritas islam lah disamping rasa senasib akibat penjajahan. Terima kasih

    BalasHapus
  6. Contoh lain pengaburan sejarah adalah kedatangan pasukan mongolia di tanah jawa yang singkat cerita mereka berhasil mengusirnya dari pulau jawa berkat kecerdikan raden wijaya. Ini perlu dikaji ulang dan ditelusuri sumbernya sebab versi mongolia mereka berhasil menguasai majapahit (jawa).ini tidak salah juga karena tidak ada bukti bahwa jawa berhasil mengusir mongolia dari jawa kalaupun ada itu hanya cerita yang belum tahu sumber faktanya. Bisa saja kerajaan majapahit itu dalam kendali mongolia china. Faktanya, gajahmada pernah diasuh oleh orang mongolia sehingga ia mampu membuat senjata bedil(meriam) pada waktu itu orang mongolia sudah bisa membuat senjata meriam yang diperoleh dari kerajaan china taklukan mereka. Fakta kedua tentara mongolia yang dikirim ke jawa adalah pasukan china yang berada dibawah kendali orang mongolia.fakta selanjutnya adalah pernah terjadi penyerang terhadap 500 orang tentara ming di ibu kota majapahit oleh karena itu kaisar ming(meminta denda senilai 20000 tahil emas faktanya raja majapahit hanya mampu membayar 10000 tahil emas oleh karena kasian maka denda dihentikan sehingga raja majapahit hanya membayar 10000 tahil emas.dan peristiwa ini tercatat dalam catatan buku sejarah dinasti ming. Kata nya kerajaan kuat kenapa bayar denda. Intinya banyak pelajaran sejarah yang digunakan hanya untuk kepentingan satu golongan suku saja. Dan ini tugas kita semua elemen bangsa indonesia untuk meluruskan
    sejarah. Indonesia negara kesatuan yang terbentuk dari rasa senasib sepenanggungan akibat kolonial belanda dan mayoritas islam lah yang menyatuhkan bukan dari warisan kerajaan tertentu. Saya tak menampik adanya pengaruh kerajaan sriwijaya dan majapahit. Penyatuan bangsa indonesia dalam NKRI yang sebenarnya adalah mayoritas islam lah disamping rasa senasib akibat penjajahan. Terima kasih

    BalasHapus