Rabu, 12 April 2017

misteri sains episode 10: kebohongan dan konspirasi besar kaum flat earth

pendahuluan 
Halo, selamat pagi, siang, sore, malam guys Belakangan ini muncul fenomena di Indonesia orang-orang yang meyakini bahwa bumi datar seperti piring {haha ngapa gak sekalian kayak donat}. Dan orang-orang ini merasa bangga {bego kok bangga} dan merasa dirinya sebagai orang yang tercerahkan }enak aja tercerahkan darimana}. Orang yang lepas dari pembodohan sains modern yang didoktrin oleh guru-guru di sekolah {kamu itu yang kemakan doktrin palsu}. Mereka merasa dirinya bagian dari perjuangan melawan konspirasi besar para elit dunia yang disebut sebagai Globalist. Mereka adalah agen-agen yang menyebarkan kebangkitan kesadaran global atas dogma sains yang menyesatkan. Begitu pikirnya.{yang menyesatkan justru kaum flat earth}

Kepercayaan bahwa bumi datar atau Flat Earth di era modern sudah ada sejak lama di Amerika dan Eropa dan booming sekitar tahun 2013 dengan banyaknya video di youtube yang dibuat oleh aktivis Flat Earth. Di Indonesia sendiri baru ramai belakangan ini. Dan yang mebuat banyak orang percaya adalah seri video Flat Earth101 dan akun instagram @indonesian_flat_earth_society. Video berbahasa indonesia dan kemungkinan besar dibuat orang oleh orang jawa. Yang membuat miris, banyak orang-orang bertitel sarjana ikut-ikutan percaya dan men-share video ataupun kepercayaan Flat Earth. Kemungkinan besar lebih banyak lagi orang yang terpengaruh dan percaya oleh video tersebut, hanya saja mereka tidak menunjukkannya karena takut dibully, dibilang goblok dll.
Saya tidak menyalahkan atau menganggap bodoh orang-orang yang menonton video tersebut lalu terpengaruh {karena justru yang buat videolah yang bodoh}. Mungkin ilmu IPA yang didapat di sekolah tidak disertai pemahaman, hanya sekedar hafalan. Maka ketika menonton video tersebut yang seolah-olah menyajikan fakta-fakta dan logika-logika, dan disajikan secara menarik mereka menganggapnya lebih benar. Yang disayangkan adalah jika mereka berhenti disitu dan tidak mau melakukan cross check atau tabayyun dengan mencari informasi lebih lanjut.
Saya sendiri karena bacaan dan tayangan dokumenter konspirasi, terus terang dulu pernah mempercayai hal-hal ini : David Copperfield menggunakan bantuan Jin sehingga bisa terbang. Pendaratan Bulan adalah Palsu. Pelaku Bom Bali bukan Imam Samudera, tetapi Agen CIA dengan bom micronuklir. Itu adalah proses belajar yang harus kita lewati. Proses agar kita bisa berfikir secara ilmiah.
Namun bagi sebagian orang, ketika mereka mendapatkan suatu keyakinan, mereka tidak mau berubah. Meskipun ditunjukkkan fakta yang bertentangan dengan keyakinan itu. Bagi Flat Earther die hard saat ditunjukkan bukti-bukti bumi bulat kebanyakan jawabannya adalah :
- Tonton dulu videonya, jangan asal ngebacot
- Haha, pasti belum nonton videonya nih
- Belum nonton kok udah bilang hoax. Tonton dulu biar nyahok
Dan semacam itu.
Intinya mereka menganggap video itu adalah referensi maha benar. Kalau nonton itu pasti tersadarkan. Dan orang yang tidak ikut-ikutan percaya bumi datar pasti dituduh belum melihat video Flat Earth 101.
untuk itu, saya membuat thread ini khusus untuk menjawab seri video Flat Earth 101 secara runut dan menyeluruh.

Thread ini saya buat khusus untuk menjawab argumen-argumen dan klaim serta kebohongan Flat Earth 101. Kadangkala berseliweran di media sosial orang yang men-share video Flat Earth 101 dengan salah satu kutipan argumennya. Cukup merepotkan jika mengomentari satu satu. Maka dengan thread ini mudah-mudahan dengan satu komentar berisi link ke Kaskus ada argumen pembanding yang menyeluruh terhadap pengaruh Video Flat Earth 101.
Jika anda menganggap isi thread ini bermanfaat dan sejalan dengan pandangan anda, Saya mempersilahkan untuk meng-copas sebagian atau seluruh isi thread ini ke media internet lain baik itu blog, facebook, dan lain-lain.

Pada akhirnya, saya tetaplah manusia biasa. Bukan orang yang tahu segalanya. Mungkin ada beberapa data atau argumen yang saya kemukakan salah. Saya terbuka untuk kritik dan diskusi yang ilmiah.


bantahan bantahan 

Video pertama adalah pembuka, isinya rangkuman dari argumen-argumen yang akan dijabarkan pada video selanjutnya. Jadi tidak perlu banyak dikomentari pada video pertama ini karena belum terlalu detail.
Inti dari pendahuluan di video pertama adalah teori bumi berbentuk bulat adalah sebuah kebohongan. Tapi coba dipikir, jika memang bumi bulat adalah sebuah kebohongan, berapa ratus ribu orang yang harus berbohong? Seluruh 17 ribu pegawai NASA harus berbohong, juga lembaga antariksa seluruh dunia baik Rusia, China, Perancis, Jepang termasuk pegawai LAPAN di Indonesia. Seluruh kontraktor yang berhubungan dengan lembaga antariksa, pembuat roket dan satelit. Ribuan pilot di seluruh dunia. Tentara yang KATANYA bertugas menjaga Kutub Selatan, dan masih banyak lagi.
Mengapa tak satupun membocorkan rahasia? Bukankah mereka bisa dapat uang banyak dengan memeras pembuat kebohongan? Atau kalau takut diancam keselamatannya, mengapa tidak ada yang masih punya hati nurani dan membuat wasiat yang membongkar kebohongan bumi bulat lalu dipublikasikan setelah meninggal sebagai penebus “dosa” kebohongan?

Menit 20:10
Klaim FE : Foto-foto bumi dari luar angkasa yang dirilis NASA yang menunjukkan bumi berbentuk bulat semuanya adalah hasil dari CGI. Kalau dikumpulkan foto-foto bumi yang dirilis NASA dari tahun 1975 sampai 2015 terlihat bahwa artist yang membuat CGI NASA tidak konsisten, karena warna bumi berbeda-beda. Juga terdapat foto bumi dimana beberapa bagian awan hasil copy paste. Ada juga video yang menunjukkan bayangan kamera, artinya video tersebut dibuat di studio dengan menggunakan maket. Pertanyaanya, adakah foto bumi yang bukan hasil CGI? Silahkan anda cek sendiri, jawabanya adalah : TIDAK ADA!

Jawaban : Kalau yang dimaksud adalah foto bumi ‘seluruh badan’ memang tidak banyak. Kenapa? Karena untuk bisa memotret bumi secara keseluruhan maka harus dari jarak yang sangat jauh. Rata-rata ketinggian orbit satelit tidak memungkinkan memfoto bumi secara keseluruhan, namun hanya sebagian seperti ini.
Foto bumi dari ISS



















Tapi bukan berarti foto bumi utuh yang asli tidak ada. Yang terkenal adalah foto bumi dari Apollo 17, juga ada beberapa foto dari lunar orbiter Kaguya milik jepang dan dari satelit Russia.







































Lalu kalau dibilang foto bumi tidak konsisten warnanya, ya jelas lah beda-beda warnanya karena difoto oleh dengan kondisi pencahayaan yang berbeda, menggunakan kamera beda, settingan kamera juga beda, jarak juga berbeda beda. Tapi pasti secara umum warna foto bumi adalah kebiru-biruan, ada foto yang biru kusam, ada yang biru jernih. Tapi nggak ada foto bumi warna pink.
Beberapa elemen awan sama persis dan hasil copy paste? Sayangnya di video tidak ditunjukkan link foto tersebut sehingga tidak bisa kita analisa bersama-sama.
Ada bayangan kamera? Itu sih bukan bayangan kamera, tapi pantulan matahari. Kalau mau membuktikan, cobalah naik motor atau sepeda di pagi hari di pinggir sawah yang daunnya masih basah. Maka pantulan sinar matahari akan berada tepat di bayangan kepala kita di daun-daun padi yang basah tadi, dan selalu mengikuti kita saat bergerak.

Menit 21.45
Klaim FE : Ada ribuan (tepatnya 2.271) satelit di angkasa, dan ada ribuan teleskop di bumi. Apakah kita bisa melihat ribuan satelit tersebut dengan teleskop? Jawabanya adalah : TIDAK!
Semua foto satelit adalah CGI.
Silahkan anda lihat publikasi video NASA, judulnya : NASA TV Video File 2015. (You*tube.com/watch?v=Q_1SvFPeW6U)
Silahkan anda cari, adakah foto satelit yang bukan CGI, tetapi foto dari teleskop? Jawabannya adalah : TIDAK ADA!

Jawaban : Foto satelit dari teleskop? Jawabannya ADA! Tapi memang tidak bagus untuk ditampilkan.













Saya kasih tau, nggak usah pake teleskop, beberapa satelit bisa dilihat dengan mata telanjang. Satelit low orbit yang orbitnya tidak geostasioner kadang bisa terlihat di malam hari. Sejak kecil tahun 80 an saya sudah sering melihatnya. {hehe anak zaman
Bagaimana cara melihatnya? Pada malam hari yang cerah lihatlah ke langit. Jika beruntung anda akan melihat benda kecil bercahaya mirip seperti bintang. Bedanya kalau bintang diam, ini bergerak dengan kecepatan konstan. Tidak terlalu cepat, karena kalau sangat cepat dan membentuk garis itu berarti meteor. Juga tidak berkedip-kedip karena kalau berkedip-kedip berarti itu pesawat terbang dengan lampu navigasinya. Itu adalah satelit yang kebetulan terkena sinar matahari dan memantulkannya sehingga bisa terlihat dari bumi sebagai titik kecil bercahaya.

Perihal NASA TV Video File 2015, silahkan dilihat sendiri secara utuh. Memang ada banyak animasi terutama saat satelit berada di luar angkasa. Kenapa tidak video asli?
Lha kalo mau bikin video asli, terus siapa yang merekam? Agar bisa merekam maka harus meluncurkan satu roket lagi yang biayanya milliaran dollar. Atau satu roket diisi dua satelit dimana yang satu tugasnya merekam video satelit satunya. Biayanya juga milliaran. Padahal video itu juga nggak penting-penting amat. Maka animasi CGI dipakai sekedar untuk memberi gambaran yang terjadi disana.
Tetapi kalau kegiatan astronot dari pesawat ulang-alik sedang memperbaiki stasiun luar angkasa ISS atau teleskop Hubble maka videonya asli karena memungkinkan merekam dengan kamera asli. Masih tidak percaya? Kan itu bisa dipalsukan kayak di film Gravity atau Interstellar? Pesawat ulang-alik sudah ada sejak tahun 80an. Coba aja lihat kualitas film luar angkasa hollywood masa itu. Apakah sudah serealistis Gravity dan Interstellar?

bantahan video kedua 

Menit 00.50
Klaim FE : Google Map tidak menggunakan satelit. Google sendiri yang bilang melalui videonya (you*tube.com/watch?v=v6gqipmbcok) bahwa my location TIDAK MENGGUNAKAN GPS. Dengar sendiri kaaaan? Google map tidak menggunakan GPS dan satelit, tetapi menggunakan tower.
Jawaban : Silahkan dilihat sendiri videonya secara utuh, bukan yang dipotong-potong oleh pembuat video flat earth. Ini adalah video tentang fasilitas google map yang dapat digunakan oleh hape yang nggak ada GPS-nya atau GPS-nya nggak berfungsi.
Oh, nggak bisa bahasa Inggris? Gitu ngomong konspirasi! Nih saya bantu terjemahin sebagian dimulai dari kata-kata sakti “It doesn’t required GPS”
“Google nunjukin lokasimu dengan satu klik tombol, and It doesn’t required GPS. Yang perlu kamu lakuin Cuma klik 0 dan google menunjukkan perkiraan lokasimu. Kamu akan liat titik biru berkedip yang menunjukkan lokasi secara tepat jika hape mu tersedia GPS. Nah kalo hapemu nggak ada GPS atau GPS-nya rusak maka terlihat lingkaran biru muda yang menunjukkan perkiraan lokasimu”
Jadii.. video ini tidak menunjukkan google menyangkal GPS. Video ini menjelaskan HP baik yang ada GPS maupun tidak tetap bisa menggunakan google map. Bedanya kalau dilengkapi GPS maka lokasinya bisa ditunjukkan secara akurat. Kalu tidak ada GPSnya, maka lokasinya diukur oleh tower BTS dan hasilnya adalah perkiraan dengan akurasi beberapa puluh meter.

Dari bagian ini sudah terlihat bahwa Flat Earth 101, seperti halnya video-video konspirasi lainnya, melakukan Quote Mining. Quote Mining adalah mengutip atau mengambil sebagian penyataan sehingga lepas dari konteks aslinya dan dibuat seolah-olah mendukung pernyataan pelaku. Padahal kalau dilihat atau dibaca secara utuh akan jelas terlihat maksudnya tidak seperti itu.
02:40
Klaim FE : Lalu bagaimana dengan foto google earth dimana seluruh daerah di bumi kelihatan? Ternyata menggunakan DRONE!
Jawaban : Memotret seluruh dunia dengan drone? Wow! Kebayang nggak berapa lama waktu yang dibutuhkan? Atau kalau mau serentak, berapa juta drone yang harus dikerahkan?
Lalu drone apa yang dimiliki google? Kalau dari video ini gambar drone nya :
Tapi ternyata setelah diteliti, itu gambar editan. O, oww kamu ketahuan! Ternyata Flat Earth 101 ngedit drone UCAV MQ-9 Reaper / Predator yang dilengkapi rudal Hellfire dikasih tulisan google
Ini perbandingan gambar asli dan editannya

Menit 03:16
Klaim FE : Bisnis satelit sangat menggiurkan dengan omset trilliunan dollar. Kebohongan NASA dan para ilmuwan bahwa bumi adalah bulat adalah untuk mengeruk uang dari bisnis satelit yang sebenarnya FIKTIF!
Jawaban : Phytagoras sudah menyatakan bahwa bumi berbentuk bulat sejak 6 abad sebelum masehi, demikian juga Plato dan Aristoteles. Pada abad pertengahan ilmuwan baik di negeri Islam dan Kristen juga banyak yang menyimpulkan bahwa bumi berbentuk bulat. Para ahli astronomi Islam pada abad pertengahan sepakat bahwa bumi berbentuk bulat seperti bola. Bahkan pandangan ini disetujui oleh Ulama syariat seperti Ibnu Taimiyah dan Ibnul Qayyim Jauziah.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, “Telah berkata Imam Abul Husain Ibnul Munadi rahimahullah termasuk ulama terkenal dalam pengetahuannya terhadap atsar-atsar dan kitab-kitab besar pada cabang-cabang ilmu agama, yang termasuk dalam thabaqah/tingkatan kedua ulama dari pengikut imam Ahmad: “Tidak ada perselisihan di antara para ulama bahwa langit itu seperti bola"
Beliau juga berkata: “Demikian pula mereka telah bersepakat bahwa bumi ini dengan seluruh pergerakannya baik itu di daratan maupun lautan, seperti bola
Beliau berkata lagi: “Dalilnya adalah matahari , bulan dan bintang-bintang tidak terbit dan tenggelam pada semua penjuru bumi dalam satu waktu, akan tetapi terbit di timur dahulu sebelum terbit di barat”. (Majmu’ al Fatawa 25/195)
Ibnul Qayyim Al Jauziah berkata , “Bahkan alam semesta dan bumi betuknya adalah bola, demikian juga penjelasan bahwa cahaya bulan berasal dari pantulan sinar matahari dan gerhana bulan terjadi karena cahaya bulan terhalang oleh bumi yang terletak antara bulan dan matahari” (Miftah Daris Sa’adah 2/212)
Satelit pertama kali diluncurkan tahun 1957 yaitu Sputnik Rusia. Bisnis satelit secara komersial baru dimulai Tahun 1960an.
Lalu kalau memang bumi bulat itu suatu kebohongan, kebohongan selama ratusan tahun itu untuk apa? Untuk bisnis apa? Siapa yang mengeruk keuntungan?
Apakah mungkin Aristoteles berkata bahwa bumi bulat bertujuan agar 25 abad kemudian orang bisa berbisnis satelit? Atau ilmuwan-ilmuwan Islam abad pertengahan membuat kebohongan bahwa bumi berbentuk bulat agar seribu tahun kemudian yahudi-yahudi amerika bisa mengeruk keuntungan dari tipu-tipu bisnis satelit?

06:22
Klaim FE : GPS adalah teknologi militer yang merupakan pengembangan dari LORAN (Long Range Navigation) dan tidak memerlukan Satelit.
Jawaban : Ya, konsepnya sama. Cuma bedanya GPS pake satelit, loran pake tower. Sinyal loran untuk jarak dekat dari tower diterima kapal secara langsung. Untuk jarak jauh dipantulkan melalui lapisan ionosfer. Kenapa harus dipantulkan? Karna permukaan bumi melengkung! Karena bumi bulat!
Sama dengan dulu orang di jakarta bisa mendengarkan siaran radio Australia atau RRC tapi tidak bisa mendengarkan radio Semarang. Karena siaran radio internasional tersebut memakai frekuensi gelombang pendek (Shortwave/SW) dan dipantulkan ke lapisan ionosfer.
Itulah kenapa sekarang memakai satelit, agar cakupanya lebih luas tanpa harus dipantulkan.
Menit 07.38
Klaim FE : NASA bukan lembaga untuk pengetahuan, tujuan awal dibentuk NASA adalah berkaitan dengan perang dingin.
Jawaban : Mungkin memang iya, terus kenapa? Banyak lembaga yang fungsinya berubah seiring perubahan keadaan. Sama saja dengan gerakan Pramuka awalnya saat dibuat oleh Robert Baden Powell bukan kegiatan melatih karakter, kepemimpinan dll tapi untuk tujuan bantuan perang. Begitu juga lempar lembing awalnya bukanlah olahraga atletik, tetapi suatu kegiatan untuk bertempur, membunuh orang.
Apapun tujuan awal didirikan NASA tidak ada hubungannya dengan bumi bulat atau datar.
08:38 : Roket yang diluncurkan NASA tak pernah terbang lurus ke atas, tetapi melengkung lalu horisontal, karena tak pernah lewat dari ‘low earth orbit’ 500 km diatas bumi.
Jawaban : Ya memang begitu. Kalo lurus keatas terus itu artinya meninggalkan bumi dan akan hilang ke luar angkasa. Satelit yang diluncurkan oleh roket akan mengorbit, artinya mengelilingi bumi sehingga roketnya belok dan seolah-olah mendatar. Lagipula kalau lurus keatas tegak lurus gravitasi bumi maka dibutuhkan tenaga yang jauh lebih besar dan roket yang lebih kuat dan mahal. Analoginya seperti mobil yang naik pegunungan, semakin terjal tanjakannya maka semakin besar tenaga yang dibutuhkan. Ini ilustrasi lintasan terbang roket yang membawa satelit.
[spoiler=roket]

Menit 09:42
Klaim FE : Kita sebenarnya tak perlu bayar listrik mahal-mahal. Pada tahun 1901 J.P Morgan mendanai Nikolai Tesla membangun Wardenclyffe tower sebagai menara telekomunikasi, tetapi Tesla menjadikannya menara listrik gratis. JP Morgan marah dan Wardenclyffe tower dihancurkan. Dengan Tesla Coil listrik bisa disalurkan gratis terlihat di video di menit 11:37 lampu bisa menyala sendiri tanpa kabel ketika didekatkan ke Tesla Coil. Listrik bisa didapatkan dari udara.
Jawaban : Silahkan di google sendiri dan dibaca-baca apa itu Wardenclyffe tower. Itu bukan untuk menghasilkan listrik gratis tetapi dirancang untuk memancarkan telekomunikasi melalui arus listrik bumi. Bukan JP Morgan yang menghancurkan tower, tetapi JP Morgan berhenti mendanai karena lebih tertarik dengan konsep telekomunikasi dengan gelombang radio oleh Marconi. Wardenclyffe tower dihancurkan karena Tesla tidak mampu membayar hutang sehingga towernya disita dan dihancurkan.
Tesla coil TIDAK menghasilkan listrik gratis dari udara. Tesla Coil tetap membutuhkan sumber energi yaitu listrik.
Lampu seperti di video juga bisa menyala tanpa kabel jika dimasukkan ke microwave, jadi itu bukan listrik gratis.
Menit 12:25
Klaim FE : Quote dari Nikolai Tesla “Earth is realm, It is not a planet. Earth ould be more easily defined as a system environment. Earth is also a machine, it is a Tesla Coil”. Terjemahannya di atas adalah : Bumi itu bukan ‘planet yang mengelilingi matahari’.
Jawaban : Terjemahan macam apa itu? Terus terang saya tidak tahu apakah itu benar-benar quote dari Nikola Tesla. Karena saya cari di internet belum ketemu. Kalaupun benar, dalam konteks apa Tesla mengatakan itu? Perkiraan saya maksud quotes tersebut kurang lebih adalah jangan memandang bumi hanya sekedar sebagai planet. Bumi adalah sebuah sistem, sebuah mesin, sebuah tesla coil dimana listrik bisa disalurkan melalui bumi tanpa menggunakan kabel. Karena itulah ambisi Nikola Tesla yaitu mengalirkan listrik secara wireless.

bantahan ketiga 
Menit 01:04 Klaim FE : Di situs resmi NASA, perhitungan astronom kuno masih digunakan untuk menghitung gerhana. NASA pun masih menggunakan perhitungan pergerakan bintang (The great platonic year) sampai sekarang.

Jawaban : Ilmu pengetahuan adalah sebuah proses penemuan dan pengajaran secara terus menerus dari generasi ke generasi berikutnya. Setiap generasi menemukan pengetahuannya sendiri, lalu mengajarkan kepada generasi selanjutnya. Generasi selanjutnya mendapat pengetahuan dari generasi sebelumnya dan menambahi dengan pengetahuan yang didapatnya sendiri. Dengan cara ini Ilmu Pengetahuan semakin maju dan berkembang.
Penemuan di masa terdahulu, selama itu benar dan masih berguna, akan tetap dipakai sampai sekarang. Contoh mudahnya saja roda. Mobil tercanggih jaman sekarang, masih tetap memakai roda yang merupakan temuan manusia sebelum masehi.
Kembali ke prediksi gerhana, siklus saros adalah metode yang cukup mudah digunakan oleh orang awam memprediksi gerhana. Tetapi, untuk menghitung gerhana secara sangat akurat baik itu sudut bayangan waktu terjadi dan durasinya, NASA menggunakan perhitungan komputer yang rumit.

Menit 01:22
Klaim FE : Jika kita melihat langit, terlihat jelas bahwa bumi ini diam dan bintang bintang bergerak mengelilingi kita pada langit yang berbentuk kubah. Semua bintang berputar kecuali satu yang tetap pada posisinya yaitu bintang utara (North Star). Para astronom kuno memandang bahwa bintang utara terletak pada titik puncak yang berada pada poros kubah. Itu sebabnya bintang utara posisinya tetap dan bintang lain berputar.

Jawaban : Kalau memang benar seperti itu, harusnya di langit sebelah selatan khatulistiwa bitang-bintang bergerak mendatar.
Faktanya, di langit selatan juga terjadi fenomena yang sama, ada bintang yang posisinya tetap dan bintang-bintang lain bergerak mengitarinya. Dan hal ini bisa diamatai di bagian bumi selatan manapun, Australia, Amerika Selatan, Afrika bag selatan dan termasuk di pulau jawa, Indonesia. Semuanya jika langit selatan difoto dengan long exposure atau di video secara time lapse, maka terlihat bintang bergerak berputar dengan satu titik poros.

Spoiler for foto bintang di australia dan afrika:


Bukti diatas mematahkan asumsi Flatearth101 bahwa poros pergerakan bintang hanya ada diatas kutub utara. Kenyataanya juga ada di kutub selatan. Yang membedakan adalah jika di langit utara khatulistiwa bintang bergerak berlawanan arah jarum jam, sedangkan di kutub selatan searah jarum jam. Ini membuktikan bahwa bumi yang bergerak ke arah timur.

Menit 02:10
Klaim FE : Peta standar dunia sebelum berdirinya NASA Tahun 1958 adalah Peta Bumi Datar dengan kutub utara sebagai pusatnya. Silahkan buka situs Boston Public Library, anda akan menemukan peta "New Standard Map Of The World"

Jawaban : Berdasar klaim diatas berarti peta dunia yang menunjukkan bumi berbentuk bola baru ada setelah berdirinya NASA tahun 1958. Dibawah ini adalah peta dunia tahun 1570. Jauuuh sebelum berdirinya NASA
{spoiler]
[/spoiler]
Bahkan jauh sebelum NASA berdiri, orang-orang sudah membuat miniatur bumi yang disebut globe.
Spoiler for globe:
Erdapfel (German: earth apple) dibuat oleh Martin Behaim tahun 1492
Ilmuwan Muslim berdiskusi mengenai astronomi. Lihat ada gambar globe
Dan tahukah kamu siapa orang pertama yang membuat globe? Dia adalah ilmuwan muslim kelahiran tahun 1100 bernama Abu Abdullah Muhammad al-Idrisi Ash-Sharif, atau lebih akrab dengan sebutan al-Idrisi.
Menit 03:13
Klaim FE : Di layar video tertera tulisan, "Silakan cek :"Antartic Treaty 1959" Tak ada yang boleh pergi ke Antartika. Dijaga oleh Pasukan Gabungan AS & Russia"
Jawaban : Sekarang saya tanya, sudahkah anda mengeceknya? Atau anda cuma manggut-manggut saja percaya video itu?. Kalau belum, sekarang silahkan di cek di internet apa itu Antartic Treaty. Ini dari situs resminya dan penjelasan dari wikipedia :
Jelas tertera disitu bahwa Antartic Treaty justru berisi kesepakatan bahwa Antartika hanya boleh digunakan untuk tujuan damai dan kegiatan ilmu pengetahuan. Semua hasil penelitian dan observasi di Antartica harus saling dibagi dan bersifat terbuka. Bahkan semua aktivitas militer dilarang di Antartika {hehe bohong aja bisanya tuh kaum}.
Lagi-lagi Flatearth101 melakukan kebohongan dan memutarbalikkan informasi mengenai Antartic Treaty. Mereka mengklaim Antartika dijaga oleh pasukan gabungan AS dan Russia.
Sekarang coba pikir, menurut klaim Flatearth101 antartika adalah tembok es yang mengelilingi dataran bumi. Jika jarak dari kutub utara ke khatulistiwa adalah 10.000km maka jarak dari kutub utara ke antartika adalah dua kali lipatnya yaitu 20.000km, itu adalah jari-jari dataran bumi menurut FE. dengan rumus matematika keliling lingkaran, didapat panjang tembok es antartika adalah 125.000 km. Berapa jumlah pasukan yang dibutuhkan untuk menjaganya?
Jika ditempatkan satu regu 10 orang tiap 1 km, maka dibutuhkan 1.250.000 orang pasukan. Itu hampir sama dengan keseluruhan jumlah tentara amerika gabungan AD, AL, AU dan Korps Marinir. Belum lagi biaya operasional yang dibutuhkan. Tidak adakah dari satu jutaan orang yang bertugas menjaga tembok es itu membocorkan rahasia? atau paling tidak share foto mereka di Facebook, Twitter atau Instagram?
Ini adalah klaim konyol Flatearth101 yang tidak dipikir masak-masak. Lebih parah lagi orang yang percaya begitu saja dengan klaim ini.
Menit 03:38
Klaim FE : USGS (United States Geological Survey), lembaga PALING KREDIBEL di bidang survey geologi, membuat peta bumi bola berdasarkan peta bumi datar. Anda bisa cek sendiri di situs USGS, pembuatan peta bumi datar menjadi peta bumi bola disebut Azimuthal Equidistant dengan menggunakan rumus matematika yang dibuat oleh Al Biruni, cendekiawan Muslim 1000 tahun lalu.
Jawaban : Sekarang silahkan bener-bener di cek di situsnya, tepat pada halaman tersebut.
Halaman tersebut adalah tentang proyeksi peta. Apa itu proyeksi peta? Proyeksi peta adalah cara menggambar peta bumi yang REAL-nya bulat tiga dimensi menjadi bidang datar 2 dimensi. Jadi bukan sebaliknya seperti diklaim Flatearth101.
MENJAWAB FLAT EARTH 101, MENGUNGKAP KEBOHONGAN PROPAGANDA BUMI DATAR
Azimuthal Equidistant adalah salah satu metode proyeksi peta. Metode yang lain adalah : Mercator, Transverse Mercator, Space Oblique Mercator, Miller Cylindrical, Robinson, Sinusoidal Equal Area, Ortographic, Stereographic, Gnomonic, Lambert Azimuthal Equal Area, Albers Equal Area Conic, Polyconic dll. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. USGS menggunakan berbagai macam proyeksi peta, dipilih yang paling sesuai dengan tujuan yang spesifik.
Terlihat disini Flatearth101 memutar balikkan informasi tentang metode proyeksi peta menjadi seolah-olah USGS membuat peta bumi bola dari peta bumi datar. Padahal sebaliknya, Azimuthal Equidistant adalah salah satu metode menggambar bumi yang aslinya bola menjadi bidang datar di kertas.
Menit 04 :02
Klaim FE: USGS menerangkan bahwa peta bumi datar merupakan dasar yang akuran untuk membuat peta atlas nasional amerika serikat, untuk mengukur jarak penerbangan, dan mengukur arah antena.
Jawaban : Yang diterangkan oleh USGS sebagaimana terlihat di layar video itu bukan peta bumi datar, tetapi proyeksi peta dengan metode Azimuthal Equidistant. Dan tulisan yang ada dilayar itu bukan tulisan utuh, masih ada lanjutannya. Tulisan utuhnya adalah sebagai berikut :
Quote:
Azimuthal Equidistant
Used by USGS in the National Atlas of the United States of America™ and for large-scale mapping of Micronesia. Useful for showing airline distances from center point of projection. Useful for seismic and radio work. Oblique aspect used for atlas maps of continents and world maps for radio and aviation use. Polar aspect used for world maps, maps of polar hemispheres, and United Nations emblem.
Distances and directions to all places true only from center point of projection. Distances correct between points along straight lines through center. All other distances incorrect . Any straight line drawn through center point is on a great circle. Distortion of areas and shapes increases away from center point.
Azimuthal—Mathematically projected on a plane tangent to any point on globe. Polar aspect is tangent only at pole.
Dijelaskan diatas bahwa azimuthal equidistant jika digunakan untuk mengukur jarak penerbangan hanya akurat jika diukur dari pusat proyeksi. Perhatikan kalimat diatas : "Distances and directions to all places true only from center point of projection. Distances correct between points along straight lines through center. All other distances incorrect"
Jadi, dengan proyeksi Azimuthal Equidistant jarak hanya akurat dari titik proyeksi. Sedangkan jarak lainya misal dari tepi ke tepi adalah Incorrect alias Salah.
Quote:
Menit 04:18
Klaim FE : Logo PBB 1945 dibuat berdasarkan peta Flat Earth.
Jawaban : Logo PBB bukan berdasarkan peta Flat Earth, tetapi menggunakan proyeksi azimuthal equidistant. PBB adalah organisasi negara-negara seluruh dunia. Jadi logonya adalah peta yang menampakkan seluruh bagian di dunia. Semua proyeksi peta sebenarnya bisa menunjukkan seluruh bagian dunia. Tapi mengapa yang dipilih adalah proyeksi peta azimuthal equidistant (yang diklaim FE sebagai peta bumi datar)? Karena secara estetika itu paling pas dipakai sebagai logo, karena bentuknya lingkaran. Bentuk lingkaran lebih pas dipakai sebagai logo daripada persegi panjang.
Quote:
Menit 04:48
Klaim FE : Di ruang kerja rahasia presiden Kennedy menggunakan peta bumi datar.
Jawaban : Pada masa presiden Kennedy adalah masa Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Sovyet (sekarang Russia). Maka Uni Sovyet adalah negara yang sangat penting karena merupakan ancaman utama. Jika Uni Sovyet meluncurkan rudal nuklir antar benua ke Amerika, maka rudal tersebut akan terbang dari Uni Sovyet, melintasi kutub utara, melintasi Alaska dan Kanada lalu jatuh di Amerika. Sehingga presiden perlu peta yang menunjukkan posisi amerika dan uni sovyet secara akurat. Maka yang dipakai adalah peta dengan titik pusatnya kutub utara. Ini gambar peta di ruang kerja presiden Kennedy :

Spoiler for peta:
Sedangkan jika menggunakan proyeksi mercator seperti dibawah ini,
Maka jarak antara Uni Sovyet dan Amerika yang sebenarnya dekat hanya dibatasi kutub utara menjadi terlihat jauh.
Selain itu perhatikan juga bagian putih di samping kanan dan bawah peta di ruang kerja Kennedy. Itu adalah semacam gambar sobekan. Sobekan dari apa? Ibaratnya bola globe akan ditempel ke bidang datar maka harus disobek sedemikian rupa hingga bisa membentuk bidang datar.
[quote]
Menit 05:20
Klaim FE : Pergerakan planet-planet mengelilingi bumi menghasilkan pola geometri suci.
Jawaban : Terlihat jelas jika memakai teori geosentris dimana bumi menjadi pusatnya, lintasan orbit planet menjadi berkelok-kelok. Gaya atau tenaga apa yang membuat planet bergerak seperti itu? berbelok tajam berulang-ulang.
Sedangkan jika menggunakan teori heliosentris dimana matahari menjadi pusatnya, maka lintasan orbit planet berbentuk lingkaran atau elips yang lebih masuk akal.
Quote:
Menit 07:08
Klaim FE : Galileo gagal membuktikan teori heliosentris. Silahkan cek buku The Genesis of Science yang sudah dirangkum oleh Wikipedia.Pembuktian scientific yang gagal dilakukan oleh Galileo ini disebut Stellar Paralax.
Jawaban : Meskipun Flatearth mengatakan Galileo gagal membuktikan teori heliosentris karena tidak diketemukannya stellar parallax (arti dan pengertian stellar parallax sudah dijelaskan dalam video), kenyatannya Galileo mematahkan argumen-argumen teori geosentris. Artinya, Galileo berhasil membuktikan bahwa teori bumi sebagai pusat alam semesta adalah salah.
Kemudian soal stellar parallax, hal itu sangat sulit dilihat karena jarak bintang sangat sangat jauh. Sehingga sudut parallax hanya sepersekian ribu derajat. Sangat sulit untuk mengamatinya dengan teleskop jaman Galileo.
Stellar Parallax akhirnya berhasil diamati oleh Friedrich Bessel pada tahun 1838. Itu berarti jika para penentang Galileo bersikukuh bahwa yang dapat membuktikan bahwa bumi mengelilingi matahari adalah adanya stellar parallax, maka pada tahun 1838 hal itu akhirnya terbukti dan mereka mau tidak mau harus mengakuinya.
Quote:
Menit 08:32
Klaim FE : Karena kegagalanya, Galileo marah dan menyerang Paus Urbanus VIII lewat buku "Dialogo di Galileo Galilei Linceo". Jadi Galileo dihukum karena pemberontakan politik, bukan maslah Sains.
Jawaban : Silahkan dibaca sendiri buku "Dialogo di Galileo Galilei Linceo" atau rangkumannya di Wikipedia
Coba cari di buku itu kalau memang ada serangan politik oleh Galileo kepada Paus Urbanus VIII.
Quote:
Menit 10:09 s/d 11:30
Hadeeeeeeh... untuk bagian ini saya bener-bener speechless. Sudah saya ulang-ulang tapi nggak ngerti juga kemana arahnya ini orang yang ngomong. "Kenapa orang di bagian bawah bumi tidak jatuh?? Kenapa air laut tidak tumpah??" Please deh.. bagian bawah itu yang mana? yang namanya bumi bagian bawah ya inti atau pusatnya. Semua tertarik oleh gaya gravitasi yang arahnya menuju pusat bumi.
Oh tapi ternyata kaum FE ini menolak adanya gravitasi! ini yang paling aneh. Kalaupun benar bahwa bumi ini berbentuk datar seperti piring, toh semua benda diatas bumi akan selalu jatuh kebawah. Artinya tetap ada suatu gaya yang menarik benda ke bawah. Coba tolong jelaskan gaya apa itu versi FE.
Quote:
Menit 11:34
Klaim FE : Newton mengemukakan teori gravitasi, dimana benda jatuh karena gaya tarik bumi, persis seperti medan magnet menarik jarum magnet menunjuk arah utara.
Jawaban : Newton tidak pernah mengatakan bahwa gravitasi itu disebabkan oleh medan magnit bumi.
Quote:
Menit 12:56
Klaim FE :
1. Elektron berputar mengelilingi inti atom apa penyebabnya? Newton akan menjawab: gravitasi. Jelas salah!
2.Matahari dan bulan beredar pada porosnya apa penyebabnya? Newton akan menjawab: gravitasi. Nikola Tesla menjawab Elektromagnetik.
3. Besi tenggelam, gabus terapung apa penyebabnya? Newton akan menjawab: gravitasi. Salah! Berat jenis kaleee..
4 Balon helium terbang di udara? Newton dengan paradigma gravitasinya mungkin terpaksa menjawab, Anty Gravity padahal jawabanya berat jenis.
Jawaban :
1. Pernahkah ini ditanyakan pada Newton? atau cuma ngarang aja? Isaac Newton hidup di tahun 1642-1726. Sementara model atom dengan elektron mengorbit seperti planet ditemukan oleh Niels Bohr Tahun 1913. Jadi tidak relevan menghubungkannya dengan Newton. Lagipula model atom Bohr seperti Tata surya sudah tidak digunakan lagi sekarang. Sekarang yang dipakai adalah model fisika kuantum modern
2. Terus terang saya tidak tahu pandangan Nikola Tesla tentang gravitasi. Juga belum menemukan sumber quote Tesla yang ditulis di video. Meskipun dalam pemahaman saya sebenarnya antara gravitasi dan medan elektromagnetik adalah sesuatu yang sangat berbeda, tetapi dalam video justru diperlihatkan bahwa elektromagnetik adalah gaya yang membuat benda tarik menarik. Bukankah ini konsep yang sama dengan gravitasi? Artinya ELEKTROMAGNETIK adalah sebutan Flat Earther untuk GRAVITASI. Sesuatu yang tadinya diingkari keberadaanya.
3 dan 4. Kedua-duanya benar, gravitasi dan berat jenis. Kalau hanya berat jenis, tanpa gravitasi, yang akan terjadi seperti dipesawat ruang angkasa yang tanpa gravitasi (Sebenarnya di angkasa tetap ada gravitasi, tapi karena pesawat mengorbit, maka menjadi seperti tanpa gravitasi. Penjelasannya cukup panjang jadi anggap saja di ruang angkasa sudah tidak ada gravitasi bumi).
Eh, baru inget, orang-orang FE bilang program luar angkasa itu tipu-tipu, CGI. Hadeeh...susah ya ngejelasinnya kalo ujung-ujungnya dibilang konspirasi.
Quote:
Menit 15:45
Klaim FE: Coba lihat foto di video. Air laut tidak tumpah setetespun. Indoktrinasi yang kita terima mengatakan bahwa air laut tertahan oleh atmosfer yang terkena gravitasi. Contohnya gambar ini (di video terlihat gambar medan magnet bumi). Banyak orang mengira gravitasi adalah medan magnet bumi, padahal bukan.
Jawaban : Ini pertanyaan anak TK. biarlah guru TK yang menjawab . Siapa yang bilang bahwa yang menahan lautan tidak tumpah itu atmosfer yang terkena gravitasi? Ternyata pemahaman orang-orang FE menganggap bahwa jika bumi bulat, maka lautan yang di bawah bola tadinya mau tumpah tetapi tertahan oleh atmosfer yang terkena gravitasi...wkwkwk (Aku kudu ngguyu nggon kene iki).Lautan, tanah, semuanya juga terkena gravitasi. Bahkan sebenarnya lautan juga memiliki gravitasi. Bahkan sebutir telur, dan semua benda yang memiliki massa pasti memiliki gravitasi. Hanya saja teramat sangat sangat sangat kecil untuk bisa menarik benda lain atau dirasakan.
Quote:
Menit 18:05
Klaim FE : Newton tak bisa menjelaskan darimana gravitasi berasal. Yang bisa menjelaskan adalah Einstein dengan teori relativitas. Tapi itu pun hanya teori. Sebenarnya yang ada adalah elektromagnetik seperti percobaan-percobaan yang terlihat di video.
Jawaban : Memang benar bahwa Newton tidak bisa menjelaskan bagaimana mekanisme gravitasi, dan itu dijelaskan oleh Einstein.
Tetapi kalau dibilang bahwa gravitasi itu tidak ada dan yang terjadi sebenarnya adalah elektromagnetik, ingat, lihat di video percobaan baik baik. Elektromagnetik hanya berpengaruh pada benda-benda atau material tertentu seperti logam atau semikonduktor. Kenyatannya semua benda kita lempar akan jatuh ke bumi baik itu besi, kayu, batu, air dll. Apakah medan elektromagnetik yang menarik benda-benda itu?
Di akhir video ternyata disebutkan bahwa yang menyebabkan benda-benda jatuh adalah BERAT JENIS. Bagaimana orang-orang FE menjelaskan konsep berat jenis? Bagaimana mekanisme terjadinya berat jenis. tolong jelaskan!
Itulah seri ke-3 Video Flatearth101. Banyak sekali kebohongan-kebohongan, pemutarbalikan fakta, dan disinformasi. Orang tanpa basic ilmu pengetahuan dan malas melakukan cross check akan menganggap video tersebut masuk akal. Tapi jika kita mau sedikit saja meneliti informasi-informasi yang disebutkan dalam video tersebut maka terlihat jelas betapa ngawurnya video tersebut.
 
bantahan flat earth di dalam al quraan
27). أَأَنْتُمْ أَشَدُّ خَلْقًا أَمِ السَّمَاءُ ۚبَنَاهَا
Apakah kamu yang lebih sulit penciptaannya ataukah langit? Allah telah membangunnya,
(28). رَفَعَ سَمْكَهَا فَسَوَّاهَا
Dia meninggikan bangunannya lalu menyempurnakannya,
(29). وَأَغْطَشَ لَيْلَهَا وَأَخْرَجَ ضُحَاهَا
dan Dia menjadikan malamnya gelap gulita dan menjadikan siangnya terang benderang.
(30). وَالْأَرْضَ بَعْدَ ذَٰلِكَ دَحَاهَا
Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya.
dan sesudah itu bumi dihamparkannya jadi apa maksud hamparan jadi gini misal saya punya bola basket saya kasih plastik saya hamparin bisa gak jawabannya bisa tapi kaum flat earth beranggapan bahwa aneh lah menghamparkan dibenda yang bulat jadi pointnya gini andaikan bumi itu datar pasti hamparannya berhenti dan ada langit kita jatoh tapi apa kita kemana mana daratannya terhampar kitanya kagak jatoh juga di surat adz zariyat ayat 47-50
(47). وَالسَّمَاءَ بَنَيْنَاهَا بِأَيْدٍ وَإِنَّا لَمُوسِعُونَ
Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya.
(48). وَالْأَرْضَ فَرَشْنَاهَا فَنِعْمَ الْمَاهِدُونَ
Dan bumi itu Kami hamparkan; maka sebaik-baik yang menghamparkan (adalah Kami).
(49). وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ
Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah.
(50). فَفِرُّوا إِلَى اللَّهِ ۖإِنِّي لَكُمْ مِنْهُ نَذِيرٌ مُبِينٌ
Maka segeralah kembali kepada (menta`ati) Allah. Sesungguhnya aku seorang pemberi peringatan yang nyata dari Allah untukmu.
dari keempat ayat itu kita bedah satu satu di ayat 47 allah menyebutkan bahwa iya meluaskan langit nah para flat earth beranggapan bahwa dunia ini kecil gak meluas meluas jadi jadi pandangan flat earth dan quraan ada kontradiksi naudzubillah kaum flat earth mendustakan ayat ayat allah dan pada ayat ke 48 bahwa bumi dihamparkan seperti yang saya bilang tadi dan di ayat 49 allah menciptakan segala sesuatu berpasangan langsung diciptakan gak ada ceritanya evolusi evolusian dan di ayat 50 allah menyuruh kita untuk mentaati segala perintahnya dan menjauhi larangannya dan juga disebutkan di surah al anbiya ayat 30 
أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَاهُمَا ۖ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ ۖ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ
Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman? 
dalam ayat ini disebutkan ratq apa itu ratq yaitu keadaan bumi dan langit ketika masih jadi satu bagian tunggal lalu bagian tunggal ini terpisah dan terpisah bertambah besar bertambah kuat bertambah padat dan sekarang lebih dikenal dengan teori big bang nah para kaum flat earth ini juga tidak percasya dengan teori satu ini {kata mereka sih hanya sebuah teori} eh ini bukan cuman teori banyak bukti untuk mendukung teori ini gak kayak teori evolusi {gak ada bukti sama sekali isinya asumpsi semua} nah lagi lagi kaum flat earth telah mendustakan ayat ayatnya allah 
 
menjawab bantahan flat earth bahwa hukum gravitasi hoax
Mengapa sebuah apel bisa jatuh ke bawah..? Jawaban sederhana, karena adanya gaya tarik bumi atau gaya gravitasi, kisah ini sering kita dengar berdampingan dengan tokoh bernama Newton..

Untuk menciptakan sosok dunia datar, mau tidak mau flat earthers harus menihilkan adanya gravitasi, dan itulah yang mereka lakukan. Mereka menolak adanya gravitasi dengan mengambil contoh dan menampilkan fenomena tenggelamnya besi dan terapungnya gabus pada air..

Dalam video ketiga pada menit 14:52 dikatakan,

Contoh kasus ketiga, fenomena besi tenggelam dan gabus terapung di air. Apa penyebabnya..?

Newton akan menjawab, "Gravitasi". Besi tenggelam karena ditarik oleh gaya tarik bumi..

Archimedes akan menjawab, "Berat Jenis". Besi tenggelam karena berat jenisnya lebih besar dari mediumnya, yaitu air. Gabus terapung karena berat jenisnya lebih kecil dari berat jenis mediumnya, yaitu air..

Kata mereka, gravitasi itu tidak ada. Fenomena apel yang jatuh ke bawah hanyalah masalah berat jenis dan bukan karena gravitasi..

Gravitasi Dan Berat Jenis (Hoax Konspirasi Bumi Datar)

> Jawabannya :

1. Kita harus jeli dan merinci dengan sebuah pertanyaan, siapa yang bertanya pada Newton dan di referensi mana Newton menjawabnya seperti itu..? hehee. Pertanyaan ini tidak lain adalah agar kita lebih menyadari bahwa argumen mereka kebanyakan hanya akal-akalan dan cenderung permainan kata-kata..

2. Gravitasi itu tidak ada, yang ada hanyalah berat jenis..

Entah yang membuat video ini nyadar atau gak nyadar ketika menyebut "Berat Jenis". Ane yang bloon gini alhamdulillah masih nyadar apa itu definisi dari berat jenis, biar lebih gampang mari kita ungkapkan saja dengan rumus..

Rumusnya adalah : s = mg/V

s = berat jenis (N/m³)
m = massa benda (kg)
g = gaya gravitasi (N/kg)
V = volume benda (m³)

ZONK..!

Butuh Aqua..!?

Ketika kita menyebut kata "berat" maka secara langsung kita telah mendefinisikan "gravitasi", karena berat adalah perkalian antara massa dengan gaya gravitasi..

Rumusnya adalah : W = mg

W = berat (N)
m = massa (kg)
g = gaya gravitasi (N/kg)

3. Lebih lanjut. Jika mereka menolak adanya gravitasi dengan berlandas kepada Archimedes, mari kita membahas sedikit tentang Hukum Archimedes yang menjadi pegangan mereka. Besi yang tenggelam karena berat jenisnya lebih besar daripada berat jenis air, ini betul..

Hukum Archimedes berbunyi, "Benda yang tercelup sebagian atau seluruhnya di dalam fluida, akan mendapat gaya ke atas sebesar volume benda yang tercelup atau sebesar volume fluida yang dipindahkan.."

Fenomena nyata yang sama-sama kita ketahui adalah, jika kita mengangkat benda di dalam air akan terasa lebih ringan dibandingkan mengangkat benda yang sama di udara. Mengapa..? karena Hukum Archimedes tersebut, yaitu adanya gaya angkat ke atas yang bekerja pada benda di dalam air sehingga berat benda tersebut menjadi lebih ringan. Untuk membuktikan ini sangat sederhana, kita hanya perlu mengukur berat benda di udara dan berat benda ketika berada di dalam air..

Sekarang, apa rumus dari gaya angkat ke atas dalam Hukum Archimedes..?

Rumusnya adalah : Fa = ρVg

Fa = gaya ke atas (N)
ρ = massa jenis zat cair (kg/m³)
V = volume benda yang tercelup (m³)
g = gaya gravitasi (N/kg)

Dan ternyata, zonk lagi..! Archimedes menggunakan gaya gravitasi..!

Fenomena terapung, melayang, dan tenggelamnya suatu benda di dalam air dipengaruhi oleh 2 (dua) buah gaya, yaitu gaya angkat oleh fluida dan gaya berat dari benda tersebut. Besi tenggelam ke dasar air, disebabkan karena gaya angkat ke atas (Fa) yang nilainya lebih kecil daripada berat besi itu sendiri..

Hukum Archimedes (Hoax Konspirasi Bumi Datar)

Semuanya berhubungan dengan gravitasi. Hukum Newton itu lebih fundamental daripada Hukum Archimedes, jadi bagaimana mungkin menolak yang fundamendal dengan berlandas kepada turunannya..!? Seandainya gravitasi ini ditiadakan, apa yang akan terjadi...? Rusaklah tatanan rumus, aplikasi, dan fenomena yang ada di dunia ini  bayangkan hidup tanpa berat misalkan nih massa kita 5kg nah berkat gravitasi bumi yang berkekuatan 9,8 {kadang kadang 10} kita jadi punya berat 5 kali 10= 50kg hah mau bilang apalagi udah ah tobat aja sana gak ada gunanya juga jadi flat earth bikin bodoh sama iman lemah aja semoga tulisan saya bermanfaat
Sudah beberapa bulan terakhir kita mendengar atau mungkin ikut berdiskusi dan berdebat dengan saudara, teman, atau orang yang baru kita kenal mengenai bentuk Bumi, ada yang berkeyakinan Bumi berbentuk Bulat ada pula yang Datar. Kedua keyakinan tersebut bukanlah hal baru, pendapat ini sudah ada ratusan bahkan ribuan tahun lalu. Jika kita menarik diri dari kedua kubu yang ada, kita melihat mereka memiliki argumennya masing-masing yang boleh jadi sama kuatnya. Terlepas dari suatu kebenaran argumen yang ada pada mereka dan kenyataan yang sesungguhnya, ada hal lain yang terkadang membuat saya bertanya kepada diri sendiri, seberapa penting memiliki keyakinan terhadap bentuk tempat hampir 7 Miliyar manusia hidup? Bisa jadi ini juga pertanyaan banyak orang. Khususnya di Indonesia, kita memiliki sumber tayangan mengenai Bumi Datar dari channel Youtube ‘Flat Earth 101 a.k.a FE101’ yang mengupas banyak hal dengan argumen-argumen khasnya. Mengaku sebagai seorang yang independen, Ia ingin mengungkap kebohongan bahwa konsep Bumi Bulat merupakan konspirasi alias persekongkolan ‘Kaum Elit’, yang diterjemahkan sebagai kumpulan sedikit orang berintelektual tinggi dan memiliki sumber materi serta akses sumber daya tak terbatas dan dinamai sebagai Illuminati -dkk. Konspirasi ‘Kaum Elit’ ini memiliki Kepentingan dan tujuan akhir untuk membuat Tatanan Kehidupan sesuai kehendak mereka. Sesuatu yang WOW saya pikir. Jika kita mau jujur, dengan hadirnya kembali pembicaraan mengenai Bumi Datar tidak sedikit orang yang tadinya sudah meyakini Bumi Bulat mulai berpindah keyakinan dan menyatakan kembali bahwa Bumi Datar. Sisanya, bagi mereka yang pernah melihat atau mendengar argumen kubu Bumi Datar akan skeptis, tak peduli, tak berubah keyakinan, atau menjadi orang pertengahan (tidak meyakini bentuk Bumi yang Bulat maupun Datar, dan saya bagian dari kubu ini). Satu hal yang pasti, jumlah orang yang meyakini Bumi Bulat sudah tidak sebanyak ‘dulu’. Bagi saya hal yang menarik atas argumen FE101 bukanlah argumennya mengenai konsep Bumi Datar-nya, tetapi mengenai konspirasi tersebut. Jika benar adanya konspirasi tersebut, FE101 nampaknya ingin menyadarkan sebagian orang bahwa ada rencana jahat yang telah dilakukan kelompok kecil berkekuatan penuh untuk mengontrol kelompok besar yang tak berdaya. Bagi FE101, tidak menjadi penting untuk menyadarkan atau mempengaruhi orang umum (baca: Rakyat) bahwa bentuk dari Bumi yang kita tinggali adalah Datar bukan Bulat. Memberitahu dan menjelaskan kepada orang berpengaruh dan berpikiran terbuka disekitar kita bahwa ada sesuatu yang salah (Baca: Kebohongan) ketika kita meyakini Bumi itu Bulat. Maka, perlulah kita mengkaji kembali mengapa ada konsep Bumi Bulat. Disebabkan ada banyak kebohongan dan rencana yang menguntungkan sebagian kecil orang atas adanya konsep tersebut, FE101 menyebutnya dengan Kebohongan Sains Modern. Ya, yang FE101 lakukan untuk meyakinkan kita bahwa Bumi itu tidak Bulat adalah untuk menyadarkan dan membuat sebagian orang untuk keluar dari arus utama, menjadikan sebagian orang ini menjadi kubu minoritas, dengan cara menyanggah bahwa Bumi itu tidak Bulat. Hari ini, pikiran kita harus disehatkan dan dimaksimalkan dengan cara keluar dari pikiran banyak orang, karena biasa jadi atau kemungkinan besar arus utama adalah kubu yang salah. Pada akhirnya, saya melihat FE101 mengajak sebagian orang untuk menjadi Anti-mainstream terhadap banyak hal, tidak hanya kepentingannya dalam mengungkap Bumi Datarnya tapi dalam tatanan kehidupan secara umum.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/setiawand_nusa/flat-earth-101-dan-kepentingan-bumi-datarnya_57e2932ef17e6170068b456e
Sudah beberapa bulan terakhir kita mendengar atau mungkin ikut berdiskusi dan berdebat dengan saudara, teman, atau orang yang baru kita kenal mengenai bentuk Bumi, ada yang berkeyakinan Bumi berbentuk Bulat ada pula yang Datar. Kedua keyakinan tersebut bukanlah hal baru, pendapat ini sudah ada ratusan bahkan ribuan tahun lalu. Jika kita menarik diri dari kedua kubu yang ada, kita melihat mereka memiliki argumennya masing-masing yang boleh jadi sama kuatnya. Terlepas dari suatu kebenaran argumen yang ada pada mereka dan kenyataan yang sesungguhnya, ada hal lain yang terkadang membuat saya bertanya kepada diri sendiri, seberapa penting memiliki keyakinan terhadap bentuk tempat hampir 7 Miliyar manusia hidup? Bisa jadi ini juga pertanyaan banyak orang. Khususnya di Indonesia, kita memiliki sumber tayangan mengenai Bumi Datar dari channel Youtube ‘Flat Earth 101 a.k.a FE101’ yang mengupas banyak hal dengan argumen-argumen khasnya. Mengaku sebagai seorang yang independen, Ia ingin mengungkap kebohongan bahwa konsep Bumi Bulat merupakan konspirasi alias persekongkolan ‘Kaum Elit’, yang diterjemahkan sebagai kumpulan sedikit orang berintelektual tinggi dan memiliki sumber materi serta akses sumber daya tak terbatas dan dinamai sebagai Illuminati -dkk. Konspirasi ‘Kaum Elit’ ini memiliki Kepentingan dan tujuan akhir untuk membuat Tatanan Kehidupan sesuai kehendak mereka. Sesuatu yang WOW saya pikir. Jika kita mau jujur, dengan hadirnya kembali pembicaraan mengenai Bumi Datar tidak sedikit orang yang tadinya sudah meyakini Bumi Bulat mulai berpindah keyakinan dan menyatakan kembali bahwa Bumi Datar. Sisanya, bagi mereka yang pernah melihat atau mendengar argumen kubu Bumi Datar akan skeptis, tak peduli, tak berubah keyakinan, atau menjadi orang pertengahan (tidak meyakini bentuk Bumi yang Bulat maupun Datar, dan saya bagian dari kubu ini). Satu hal yang pasti, jumlah orang yang meyakini Bumi Bulat sudah tidak sebanyak ‘dulu’. Bagi saya hal yang menarik atas argumen FE101 bukanlah argumennya mengenai konsep Bumi Datar-nya, tetapi mengenai konspirasi tersebut. Jika benar adanya konspirasi tersebut, FE101 nampaknya ingin menyadarkan sebagian orang bahwa ada rencana jahat yang telah dilakukan kelompok kecil berkekuatan penuh untuk mengontrol kelompok besar yang tak berdaya. Bagi FE101, tidak menjadi penting untuk menyadarkan atau mempengaruhi orang umum (baca: Rakyat) bahwa bentuk dari Bumi yang kita tinggali adalah Datar bukan Bulat. Memberitahu dan menjelaskan kepada orang berpengaruh dan berpikiran terbuka disekitar kita bahwa ada sesuatu yang salah (Baca: Kebohongan) ketika kita meyakini Bumi itu Bulat. Maka, perlulah kita mengkaji kembali mengapa ada konsep Bumi Bulat. Disebabkan ada banyak kebohongan dan rencana yang menguntungkan sebagian kecil orang atas adanya konsep tersebut, FE101 menyebutnya dengan Kebohongan Sains Modern. Ya, yang FE101 lakukan untuk meyakinkan kita bahwa Bumi itu tidak Bulat adalah untuk menyadarkan dan membuat sebagian orang untuk keluar dari arus utama, menjadikan sebagian orang ini menjadi kubu minoritas, dengan cara menyanggah bahwa Bumi itu tidak Bulat. Hari ini, pikiran kita harus disehatkan dan dimaksimalkan dengan cara keluar dari pikiran banyak orang, karena biasa jadi atau kemungkinan besar arus utama adalah kubu yang salah. Pada akhirnya, saya melihat FE101 mengajak sebagian orang untuk menjadi Anti-mainstream terhadap banyak hal, tidak hanya kepentingannya dalam mengungkap Bumi Datarnya tapi dalam tatanan kehidupan secara umum.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/setiawand_nusa/flat-earth-101-dan-kepentingan-bumi-datarnya_57e2932ef17e6170068b456e

3 komentar:

  1. Tolong dijelaskan mengenai kecepatan rotasi bumi yang 107.000 km/jam,
    kecepatan satelit yang 27.800 km/jam
    kecepatan pesawat supersonik 11.000 km/jam
    kecepatan suara 1238 km / jam
    semua bersumber dari wikipedia
    bagaimana mungkin satelit serapuh itu mengorbit dengan kecepatan 10 x kecepatan suara???
    padahal pesawat yang paling cepat sekalipun mempunyai bentuk yang sangat kokoh...
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
  2. +dedek soetoro itu diluar angkasa kecepatan diluar angkasa bisa mencapai kecepatan hypersonik tanpa ancur itu disebabkan karena tidak adanya hambatan kayak angin dan segala macem sehingga kecepatannya dapat mencapai kecepatan yang sangat tinggi

    BalasHapus
  3. Flat earth banyak ngaconya https://menjawab-flatearth.blogspot.com/

    BalasHapus